Jumat, 29 November 2013

10 Tips Cerdik Mencegah Pencurian Sepeda Motor

Semakin hari, semakin banyak saja kejadian pencurian sepeda motor. Jika dulu para pencuri beroperasi pada malam hari dan di tempat yang sepi, kini mereka tak pandang tempat dan waktu. Dalam keramaian atau pada siang hari pun mereka nekat beroperasi.
 
Ilustrasi
Kejahatan bukan hanya karena niat pelaku, tetapi karena ada kesempatan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 95% tindak kriminal di indoneisa disebabkan karena prilaku korban. Ungkapan ini ada benarnya juga. Banyak kejadian, ketika seseorang tak berniat mencuri, tetepi akhirnya jadi mencuri lantaran ada kesempatan (kondisi yang mendukung). Hal serupa pun terjadi pada pencurian sepeda motor. Untuk mengantisipasinya, berikut ini iniopiniku.com akan berbagi 10 tips cerdik bagaimana mencegah pencurian sepeda motor:

1. Selalu Perhatikan Kendaraan Anda. Ketika memarkir di tempat yang cukup sepi, cek kendaraan Anda secara periodik, terutama sesaat setelah meninggalkan kendaraan Anda. Pastikan tak ada orang mencurigakan yang mengintai kendaraan Anda.

2. Jika Anda memilih memarkir sepeda motor di dalam garasi rumah, blokir motor Anda dengan mobil. Setelah itu, tutuplah pintu garasi dan pastikan sepeda motor Anda terkunci.

3. Pasang alarm di sepeda motor Anda. Hal ini memang membutuhkan biaya lebih, tetapi berguna untuk jangka panjang.

4. Ketika akan bepergian dan menginap di sebuah hotel atau losmen, carilah parkir yang masuk dalam jangkauan CCTV. Jika tidak memungkinkan, kamar motor Anda di dekat kamar atau petugas keamanan.

5. Jangan lupa untuk mengunci motor dan simpan kuncinya. Sebagian besar pencurian motor terjadi ketika kunci kontak pada posisi off, tetapi motor dalam kondisi tidak terkunci.

6. Gunakan kunci garpu depan atau cakram dengan kunci kokoh.

7. Jangan simpan BPKB motor Anda di bagasi, tempat barang, atau kantong sadel. Tempat teraman untuk BPKB adalah di rumah.

8. Pastikan STNK dan Kartu Asuransi ada pada Anda ketika berkendara, bukan disimpan di dalam motor Anda.

9. Jika bepergian dengan pengendara lain, kunci kendaraan Anda secara bersamaan ketika tidak digunakan. Jika berkendara sendiri, kunci kendaraan Anda di tempat yang aman, dan tidak bisa dibongkar, misalnya di tiang lampu atau tiang listrik.

10. Beri tanda unik dan ambil gambar kendaraan Anda. Jika pencuri mengambil motor Anda, tunjukkan tanda unik dari kendaraan Anda kepada petugas kepolisian dengan menggunakan foto tersebut, sehingga memudahkan proses pencarian.

(sumber :iniopiniku.com)
Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com