Senin, 18 November 2013

Motor Injeksi Aman Kok Jika dipasang Alarm



Banyak yang kebingungan. Di satu sisi pencurian motor merajalela, sementara di sisi lain motor sudah menganut sistem bahan bakar injeksi. Sehingga dikhawatirkan kalau pasang alarm akan mengundang kerusakan fatal.

Pemasangan Alarm di Motor Injeksi
Apalagi jumlah motor injeksi sekarang variannya sudah banyak. Seperti Supra X125 Helm In PGMI-FI, Spacy Helm In PGM-FI trus Yamaha V-ixion dan Kawasaki KLX 250, dll. Ditambah lagi di tahun 2012 bakal bermunculan motor-motor injeksi. Makin banyak saja pemakai motor yang kebingungan dan jadi korban maling sialan. Namun menurut Endro Sutarno, tidak haram kok pasang alarm. Asal pahami dulu prinsip kerjanya. Karena kalau asal pasang dikhawatirkan salah cangkok. Akibatnya komponen injeksi yang kena imbasnya.

ECM

Menurut pria yang menjabat instruktur Honda Training Centre PT AHM (Astra Honda Motor) ini, paling aman yang diputus kabel masa. Misalnya kabel yang menuju ECM (Electronic Control Module) atau ECU (Electronic Control Unit).Sebagai contoh pemasangan kunci rahasia. “Silakan yang diputus kabel masanya. Sehingga tidak menimbulkan korslet ketika kabel masa menyentuh bodi,” jelas Pak Endro yang berambut lurus itu. Namun bagaimana kalau alarm yang digunakan membutuhkan setrum. Atau perlu aliran listrik untuk menunjang kerja alarm itu. Menurut Pak Endro juga tidak perlu kuatir.

Ngakali alarm yang perlu aliran listrik, bisa dibypass dari kabel setrum sebelum kunci kontak. Sehingga kalau korslet tidak mengganggu komponen injeksi.(motorplus-online.com).

Sedikit Saran memilih Alarm apa yang cocok jenis motor Anda
  1. Carilah referensi tentang alarm, sebanyak mungkin.
  2. Carilah orang yang sering memasang alarm, baik di motor injeksi maupun Karbu, sehingga tidak salah lagi pemasangannya
  3. Carilah merk alarm yang bagus, dan canggih, baik system maupun cara proteksi terhadap kendaraan.
  4. Carilah merk alarm yang sudah lama memproduksi alarm, kebanyakan sekarang alarm motor berbagai macam, misalnya tahun ini Merknya A, ketika tahun berikut kita cari sudah tidak ada merk tersebut, alias ganti merk. Karna jika merk tidak pernah ganti itu membuktikan permintaan konsumen terhadap alarm tersebut banyak dan terpercaya. Sehingga mampu produksi terus.
  5. Jangan terkecoh dengan harga murah, karna biasanya tidak sesuai dengan harapan kita,” ada harga ada kualitas” . buat apa harga murah kalau 1 minggu pasang langsung rusak/konslet.
  6. Tanyakan kepada orang yang pernah pakai merk tersebut, bagaimana pengalamannya.
  7. Carilah alarm yang mampu memberikan garansi penuh, biasanya alarm yang bagus memberikan jaminan yang panjang selama 1 tahun penuh.
Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com