Sabtu, 07 Desember 2013

Awas, Cakram Rem Motor Bengkok Gara-gara Digembok

Dian (35), merasakan ada keanehan di motornya. Setiap kali rem depannya ditarik, motor terasa tidak pakem dari biasanya. Khawatir dengan keselamatan, pekerja kantoran ini mengecek motornya ke bengkel. Alangkah terkejutnya dia ketika melihat, cakram rem depannya sudah bengkok.



"Sedikit banget sih, cuma beberapa milimeter, tapi rem jadi tidak normal, gak pakem terus kayak ada senut-senut gitu kalau direm," ujarnya pada detikOto. Selidik-selidik, rupanya Dian mengunci rem cakramnya dengan menggunakan gembok.

"Dia barangkali lupa kalau rem cakramnya terkunci, sehingga pas menurunkan motor dari standar utama, gembok masih menempel, beradu sama garpu motor, ya hasilnya cakram jadi agak bengkok," ujar Wahyu, mekanik di sebuah bengkel Ciputat yang menangani motor bebek Dian.

"Mungkin juga pas diparkir, yang jaga parkir main pindahin motor tanpa ngelihat ada gembok kali ya, itu bisa saja," timpalnya lagi.

Gara-gara itu, kondisi piringan cakram menjadi tidak sempurna, ketika roda berputar dan direm, akan terasa perbedaannya.

Jadi Wahyu menyarankan pengguna motor untuk berhati-hati jika memasang kunci rem cakram. "Wah iya nih, mau ngamanin motor dari maling kok jadi gini ya," ujar Dian yang harus mengeluarkan kocek sekitar Rp 150 ribu untuk cakram yang baru. "Kalau urusan safety jangan main-main bro," ujarnya mantap.

Sumber : oto.detik

Tips :
Sebaiknya gunakan Alarm yang di desain khusus untuk motor bro & sist semua.
Bisas dilihat DISINI
Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com