Jumat, 17 Januari 2014

Alarm Motor Bikin Aki Tekor ??? Gak juga tuh…


Banyak cara yang dilakukan orang untuk mengamankan kendaraan roda dua kesayangan mereka. Ada yang menggunakan gembok. Ada yang menggunakan saklar rahasia yang tersembunyi. Ada juga yang menggunakan alarm motor dan masih banyak lagi.

Menurut saya dari sekian banyak alat pengaman motor, alarm motor adalah yang paling canggih dan fleksibel. Namun banyak orang beranggapan, alarm motor dapat membuat aki menjadi tekor. Benarkah seperti itu???

Gak juga bro,,, Sejak 4 tahun lalu saya menggunakan alarm motor e-lock yang memang fleksibel bisa untuk motor injeksi dan karbu. Viturnya lengkap, mulai dari anti maling, anti rampas dll. Sekalipun aki motor dicabut, alarm ini masih bekerja mesin tetap tidak bisa dihidupkan dengan manual sekalipun.


Terus bagaimana kondisinya sekarang??? Alhamdulillah masih jozz,, bro. Selama 4 tahun bersama alarm motor tersebut gak ada sama sekali gejala aki tekor (showak). Semua masih bekerja normal. Yang saya herankan baterai remote controlpun awet selama 4 tahun baru 2 kali ganti. 

Pernah selama 1 bulan motor tidak dihidupkan dikarenakan ditinggal pulang kampong, begitu motor distater aki masih jozz…tidak ada gejala aki tekor.
Oleh karena itu,, ketika membeli motor lagi saya pengin di pasangi alarm motor dengan merk yang sama (e-lock). Dari pertama saya pasang sampai sekarang masih ada merk tersebut, ini membuktikan permintaan pengguna terhadap alarm masih banyak dan bagus, sehingga pabriknya masih tetap memproduksi.

Sekarang alarm merk e-lock tersebut sudah berumur sekitar 4 tahun. Belum ada sama sekali gejala aki tekor. Semoga saja kedepannya lancar-lancar saja.
Demikian penjelasan dan pengalaman selama menggunakan alarm berbagai macam dan merk dan jenis..saya sarankan untuk produk e-lock.
 
Tak lupa sedikit tips untuk menghindari pencurian sepeda motor :
 
  1. Parkirlah di tempat yang aman kalau bisa resmi, tidak sepi, gelap, ada banyak motor lain. 
  2. Parkirlah diantara dua motor dengan sedikit rapat (jadi motor anda diapit 2 motor lain) sehingga maling pun sulit menjangkau dan ruang geraknya terbatas.
  3. Parkirlah di tempat yang mudah terlihat oleh anda, orang lain, maupun petugas parkir.
  4. Jika memungkinkan copotlah busi motor anda jika ingin parkir lama di tempat sepi, he..he..
  5. Kuncilah motor anda walau hanya ditinggal sebentar, pakai tambahan gembok minimal lebih dari 2 untuk menghambat kerja maling, buat maling menjadi malas untuk mencuri motor anda.
  6. Gunakan alarm model imobilizer (e-lock)yang tidak menguras aki, karena alarm ini bekerja setelah motor anda menyala jika switch nya belum di posisi off, motor dapat menyala namun beberapa detik kemudaian akan mati dan membunyikan klakson walaupun kunci kontak dikembalikan lagi ke posisi off
  7. Khusus untuk motor sport, buat maling kebingungan dengan cara masukkan persneling pada top gear sehingga pada saat didorong maling bingung masuk gigi berapa dan kerjanya terhambat karena harus menetralkan, Kalo malingnya cerdas dan ga panik ya tinggal tarik kopling aja, he..he
  8. Bila perlu pasang alat GPS agar anda tahu posisi motor anda jika dicuri sehingga mudah diketahui
  9. Untuk motor yang belum dilengkapi secure key shutter ganti saja kunci kontaknya dengan yang berbentuk bintang, berbentuk lambang nazi, bahkan bila perlu menggunakan sistem PIN atau sidik jari.
  10. Untuk menghindari motor diangkat dan digotong maka pergunakanlah rantai, rantaikanlah motor anda pada tiang yang kokoh dan tinggi atau rantaikanlah pada besi yang ditanamkan di tanah.
  11. Terakhir asuransikanlah motor anda, paling tidak jika hilang ga terlalu nyesek karena bakal ada penggantian.

Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com