Jumat, 07 Februari 2014

Pada Kecepatan Berapa Motor Bisa Irit Bensin?



Banyak pemilik motor mengeluhkan hasil konsumsi bahan bakar minyak tidak sesuai dengan informasi yang diberikan pabrikan motor. Bahkan sampai dijajal dengan kondisi jalan variatif, tapi hasilnya seperti langit dan bumi, tetap saja berbeda.

Peneliti dan Dosen Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB) Tri Yuswidjajanto angkat bicara. Dia memaparkan sebenarnya ada kecepatan tertentu agar motor bisa irit BBM.

"Mengatur agar konsumsi BBM terendah ada di daerah tertentu. Jika pengendara tidak masuk ke daya jelajah itu maka pengendara tidak dapat konsumsi BBM yang sehemat hasil pengujian produsen," kata Yus di sela-sela acara Diskusi Sepeda Motor ITB-Yamaha di Lapi, ITB, Bandung, Jabar, Senin (3/2/2014).

Menurutnya, titik kecepatan yang irit BBM tersebut ada pada 40, 60 km/jam. Berdasarkan uji coba yang dilalukan Lapi-ITB, motor skutik dan bebek akan menemui titik maksimal untuk urusan konsumsi BBM.

"Kalau mau irit itu di kecepatan tertentu. Menyimpulkan kecepatan yang menghasilkan rentang konsumsi BBM hemat yaitu rentang 40-60 km/jam," ucapnya.

Lalu bagaimana dengan kendaraan road empat? Dalam hal ini Yus menjelaskan tidak jauh berbeda dengan motor. Pengendara mobil harus menjaga putaran RPM.

Menurutnya konsumsi BBM roda empat akan lebih ekonomis kalau putaran rpm pada antara 2.500 rpm - 2.800 rpm. Apa pun jenis kendaraan roda empat, kalau pengendaranya cermat menjaga kecepatan mobil pada daya delajah yang ditentukan maka akan sangat menghemat isi kantung.

"Kalau mobil tak jauh beda. Kalau mau irit menjaga 2.500 rpm, di sekitar situ saja," tutupnya.

sumber : http://oto.detik.com/
Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com