Rabu, 16 April 2014

Tips jitu kala kehilangan kunci kendaraan

Salah satu hal yang baling dibenci setiap pemilik kendaraan adalah ketika mereka kehilangan kunci kendaraannya. Kehilangan kunci berarti pengguna juga kehilangan akses untuk menggunakan kendaraannya. Terkadang kunci yang tiba-tiba hilang di saat yang tidak tepat juga kerap membuat aktivitas dalam satu hari menjadi kacau. Berikut lima tips agar Anda tidak kelimpungan ketika kehilangan kunci kendaraan Anda.

1. Simpan kunci cadangan
Keberadaan kunci cadangan memiliki peran vital ketika kunci utama hilang. Namun pengguna kendaraan terkadang sering melupakan kunci cadangan ini. Sehingga banyak yang lupa di mana mereka menempatkan kunci cadangan kendaraan mereka dan akhirnya kunci utama hilang dan kunci cadangan pun tak ditemukan. Oleh karena itu, selalu simpan kunci cadangan di tempat yang mudah diingat.

2. Membeli kunci cadangan
Tips kedua yang bisa dilakukan adalah membeli kunci cadangan ke pihak dealer atau retailer yang direkomendasikan. Namun biasanya pengguna yang akan hendak membeli kunci cadangan ini dimintai bukti surat kendaraan terlebih dahulu agar menghindari aksi kriminalitas berupa pencurian mobil. Maka dari itu, jika kunci kendaraan hilang dan Anda terpaksa membeli kunci cadangan ke dealer, jangan lupa untuk membawa BPKB dan STNK kendaraan Anda.

3. Klaim asuransi
Langkah ketiga yang bisa mengantisipasi kebingungan ketika Anda kehilangan kunci kendaraan adalah dengan mengasuransikan kendaraan Anda. Beberapa asuransi kini juga menawarkan layanan klaim kehilangan kunci. Dengan klaim ini, Anda bisa mendapatkan kunci baru tanpa mengeluarkan sepeser biaya apapun.

4. Klaim Garansi
Jika kendaraan Anda masih dalam masa garansi, Anda juga bisa menggunakan klaim garansi untuk mendapatkan kunci baru yang nantinya akan menjadi pengganti kunci cadangan yang digunakan.
Tentu nantinya klaim garansi ini memiliki sistematika yang berbeda antara ATPM satu dengan lainnya.

5. Hubungi ahli kunci
Langkah terakhir yang bisa dilakukan selain keempat langkah sebelumnya adalah dengan menghubungi ahli kunci. Hal ini bisa Anda lakukan ketika Anda sedang berada di luar rumah tanpa membawa kunci cadangan. Anda bisa langsung menghubungi dealer karena biasanya mereka menyediakan jasa layanan ahli kunci ini atau bisa langsung jasa ahli kunci kendaraan yang biasanya membuka lapak di pinggir jalan.

Sumber : merdeka.com
Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com