Jumat, 27 Juni 2014

Motor-Motor yang Biasanya Jadi Favorit Maling

Sebelumnya saya mengucapkan turut prihatin kepada bro/sist kita yang motornya dicuri oleh maling dan saya sangat mengutuk kejadian tersebut, sebagai sesama bikers tentunya kita semua wajib prihatin dengan maraknya pencurian motor belakangan ini, karena bagi kita semua sesama bikers, motor bukan hanya sekadar alat transportasi melainkan bisa disebut Sahabat yang kita sayangi bahkan bisa disejajarkan dengan sebutan Istri kedua atau pacar kedua yang selalu menemani kita kemanapun kita pergi, bahkan tak sedikit dari kita yang menggantungkan hidupnya pada motor sebagai alat untuk mengais rejeki.
 
Inilah beberapa motor yang kerap jadi incaran maling :
HONDA

Honda beat
Honda vario
Honda supra
Honda tiger
Honda megapro/new

Megapro/tiger, karena onderdil kedua motor ini banyak diburu di pasar gelap, paling utama komponen mesinnya untuk dioplos dg motor" tua terutama, karena sekarang baru tren motor tua tapi larinya seperti kesetanan.

Supra/beat, banyak dijual kedaerah-daerah, apalagi beat banyak digandrungi kawula muda, selain itu kedua motor ini sering digunakan di ajang balap liar.

YAMAHA

Jupiter z
Jupiter mx
V-ixion: 
Mio
Vega

Mmayoritas kunci kontak motor produk yamaha ( vixion lama, jupiter lama, mio, vega r) belum dilengkapi kunci pengaman key shutter, maka mudahlah maling untuk membobolnya.

Mayoritas produk yamaha yang diatas mudah dibuat kencang, hingga kadang kerap disalahgunakan di arena balap liar, selain itu generasi jupiter z lebih banyak diburu daripada new jupiter z, karena lmaterial mesin lebih bagus dan mudah di tuneup. selain itu copotan bagian produk di atas juga laris manis diburu dipasar gelap untuk kanibalan motor lain.

SUZUKI

Suzuki Satria F-150 

Motor ini kerap dijadiakan pacuan di arena liaran dan sekarang digandrungi anak muda dan belum adanya kunci pengaman tambahan membuat maling gampang buat mbobolnya. sparepart motor ini cukup mahal makanya banyak yg cari copotannya, bahkan rela inden.

KAWASAKI

Ninja R 
Ninja R tipe N
Ninja RR 

Tidak jauh beda dengan yg diatas part copotan dari motor ini juga laris dipasar gelap. dan juga motor tersebut kerap dijadikan pacuan di balap liar.

Ini ada sekedar tips mencegah pencurian :
 

Gunakan kunci ganda

Kunci standar yang biasa digunakan oleh pabrikan sepeda motor memiliki tingkat keamanan yang sangat rendah, karena mudah dijebol oleh pencuri. Untuk itu ada baiknya jika Anda menambahkan kunci ganda untuk melindungi motor Anda dari pencurian.

Ganti kunci starter standar Anda dengan kunci yang lebih sulit dijebol/ditiru
 
Jika Anda mengunakan kunci starter yang sulit dijebol atau ditiru jelas akan mampu meningkatkan keamanan dari sepeda motor Anda.

Gunakan kunci rahasia yang benar-benar rahasia
 
Kunci ini biasanya terhubung dengan kelistrikan motor. Si pencuri tidak akan bisa menghidupkan mesin meskipun sudah berhasil membobol kunci strarter kecuali dia sudah mengetahui rahasianya, yang kemungkinan besar dari Anda sendiri. Kunci ini sudah banyak yang dijual instant di pasaran dengan menggunakan semacam password. Anda bisa juga membuat sendiri jika Anda mengerti. Tapi jangan sampai Anda sendiri pun tidak bisa menyalakan motor Anda.

Gunakan alarm

Sebaiknya alarm yang benar-benar berkualitas dan bukan yang asal berisik. Sebab jika suatu saat konslet, maka Anda terpaksa mematikannya, dan itulah saat yang ditunggu-tunggu oleh pencuri. Kadang-kadang mereka sengaja menyenggol motor Anda berkali-kali sehingga Anda berpikiran bahwa alarm motor Anda konslet dan menonaktifkannya

Asuransikan motor Anda
 
Ini sebenarnya bukan tergolong langkah pencegahan. Ini adalah langkah recovery terhadap sakit hati Anda akibat motor kesayangan Anda dicuri orang. Pilihlah asuransi yang direkomendasikan oleh ATPM. Net : Saat ini semua motor yang dibeli dari dealer atau dicicil biasanya sudah dilindungi dengan asuransi. Tapi jangan sampai lupa menunda-nunda untuk memperpanjang asuransi apabila kontraknya sudah habis.

Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com