Senin, 07 Juli 2014

Cara Menjaga Motor Dari Tindak Pelaku Pencurian

Sepeda motor dan mobil adalah salah satu benda yang disukai pencuri untuk dijadikan sasaran pencurian karena nilainya yang tinggi, fleksibel, dibutuhkan banyak orang dan mudah dicuri. Pencuri motor profesional umumnya hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit saja dalam menjalankan aksi kejahatannya.

Mereka menggunakan berbagai metode/ modus untuk membawa kabur motor jarahan yang berhasil dikerjai. Cara atau modus operandi yang sering digunakan oleh pencuri sepeda motor adalah seperti :

1. Menggunakan kunci letter T untuk menyalakan paksa mesin motor.
2. Mengangkut motor ke dalam mobil boks atau truk.
3. Merusak kunci-kunci keamanan yang ada dengan trik tertentu lalu membawa kabur motor, dll.

Waspadai pula aksi kejahatan kendaraan bermotor lainnya yang berhubungan dengan sepeda motor momoners seperti pencurian helm, pencurian aksesoris motor, dsb. Berikut ini adalah beberapa saran untuk momoners dalam menghindar dan mengurangi resiko kehilangan motor.

Tips/ cara mengurangi resiko kehilangan motor :

1. Parkir Di Tempat Parkir Resmi Dan Aman
Usahakan untuk selalu parkir di tempat parkir profesional dengan tingkat pengawasan dan keamanan yang tinggi. Kalau bisa pilih saja lahan parkir yang selalu memeriksa STNK ketika akan meninggalkan tempat parkir, ada tiket bukti parkir, ada kamera pengawas cctv dan banyak petugas keamanan yang menjaga di sekitar tempat parkir.

2. Berikan Tambahan Kunci Pengaman Pada Motor
Kunci motor momoners dengan kunci-kunci tambahan yang berbeda jenisnya. Contohnya seperti kunci roda, kunci setang rahasia, alarm, gembok, rantai, kunci disc cakram, dan lain sebagainya. Bila perlu parkir di samping tiang atau pohon lalu lilitkan rantai bersama tiang atau pohon tersebut.

3. Terus Awasi Motor Momoners
Jika memarkir kendaraan di depan rumah baik rumah sendiri atau rumah orang lain serta di tempat umum seperti mini market, sekolah, warung, warnet, wartel, dan lain sebagainya sebaiknya momoners terus mengawasi motor momoners. Parkirlah di tempat yang terlihat dari dalam serta pasang mata dan telinga momoners jangan sampai lalai karena pencuri sepeda motor hanya butuh kurang lebih setengah menit atau kurang untuk menggasak motor momoners.

4. Hati-Hati dengan Mobil Boks, Pickup dan Truk
Waspadai jenis mobil-mobil tersebut yang parkir di samping atau sekitar parkir motor momoners. Pencuri sepeda motor dapat dengan cepat menggotong motor momoners dan kemudian membawanya pergi dari momoners untuk selama-lamanya.

5. Amankan Barang Berharga Bawaan momoners
Hati-hati pula terhadap barang-barang berharga yang momoners bawa. Jika ada tempat penitipan helm dan jaket segera titipkan di tempat tersebut. Jika momoners khawatir dengan tempat penitipan momoners bisa pasang kotak atau box motor di belakang sepeda motor ada untuk menyimpan barang momoners seperti helm, berkas, jaket, uang, jaket jas hujan, uang, alat mekanik, payung, senter, air minum, baju ganti, dan lain sebagainya.

6. Mengurangi Perhatian Pencuri
Motor yang terlihat bagus, baru dan berdaya jual tinggi dengan sistem pengamanan yang kurang sangat disukai oleh pelaku curanmor. Motor yang sudah kelihatan jelek atau biasa saja dengan pengamanan yang cukup dan bila dijual harganya murah termasuk jenis motor yang cukup aman dari pencurian motor. Menutup motor momoners dengan kain penutup motor dapat mengurangi perhatian pencuri dan akan mempersulit pencuri untuk melaksanakan aksinya. Dengan menutup motor dengan bahan anti air juga dapat melindungi motor dari kehujanan dan terik sinar matahari.

Motor yang telah aneh, unik, jarang dan telah dimodifikasi juga kurang menarik minat orang yang mau mencuri motor momoners. Kalau momoners sayang pada motor, pasanglah sistem keamanan yang berlapis serta rahasia dan juga kalau momoners suka modiflah motor anda menjadi beda dengan yang lain agar pencuri enggan mencurinya karena terlalu menarik perhatian orang banyak di sekitar tempat parkir.

7. Membina Hubungan Baik Dengan Petugas Parkir Dan Tetangga
Untuk lebih aman, jika momoners parkir di tempat yang rutin atau sering misalnya di kampus, kantor, rumah, mini market, warung dan lain sebagainya momoners bisa pelan-pelan membina hubungan baik dengan orang di sekitarnya. Jika ada waktu ajak petugas parkir ngobrol, nongkrong dan sebagainya. Kalau punya uang lebih kita bisa kasih uang rokok ke petugas parkir tersebut. Tujuannya adalah agar tukang parkir jadi kenal sama kita dan otomatis kenal dengan motor yang kita pakai. Jika motor kita diusili orang maka dengan cepat tukang parkir akan menyadari dan menindak lanjutinya dengan tegas.


sumber : http://www.motormobile.net
Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com