Selasa, 01 Juli 2014

Inilah Tips Mudik Gunakan Motor


Menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, masyarakat akan melakukan rutinitas tahunan yakni mudik atau pulang kampung. Bersilaturahmi dengan keluarga sambil menikmati liburan tentulah sangat menyenangkan. Berbagai transportasi digunakan untuk ritual mudik ini di antaranya menggunakan sepeda motor.

Alat tranportasi roda dua ini dianggap efektif dan efisien menuju kampung halaman. Selain bisa menghemat biaya dibanding mobil, sepeda motor juga dipercaya bisa lebih cepat sampai tujuan karena kemampuannya bisa meliuk-liuk di tengah kemacetan.

Namun, persiapan kendaraan sendiri maupun kondisi tubuh mutlak diperlukan agar perjalanan lancar dan tidak mengalami masalah. Tentu sangat menyebalkan bila perjalanan yang seharusnya dinikmati menjadi memprihatinkan karena kondisi kesehatan dan motor yang tidak siap. Guna memperlancar perjalanan Anda diperlukan persiapan khusus agar kita bisa menikmati setiap langkah menuju tujuan.

Berikut beberapa tips saat anda mudik menggunakan sepeda motor:

1. Cek mesin dan sistem rem. serta kelengkapannya seperti spion, Lampu-lampu, lampu utama jauh dekat, lampu sein dan lampu belakang atau lampu rem. Jangan lupa juga cek oli-nya, kalau perlu bawa ke bengkel terlebih dahulu untuk memastikan kesiapan sepeda motornya.

2. Siapkan SIM atau STNK untuk dibawa dalam perjalanan. Bawa kunci atau peralatan secukupnya juga seperti obeng , kunci busi, tang, dll untuk mengantisipasi jika terjadi masalah dengan teknis kendaraan.

3. Sebelum melakukan perjalanan ada baiknya cek dan pelajari standard safety untuk jarak jauh. Pengendara maupun penumpang harus menggunakan helm standar, sepatu, jaket, masker, dan sarung tangan. Bawa bekal makanan / barang secukupnya sehingga tidak melebihi kapasitas.satu motor maksimal 2 orang (pengendara + 1 pembonceng, jangan lebih!! selain berbahaya juga bisa kena tilang )

3. Siapkan jas hujan. Persiapan ini sangat penting dan jangan sampai tertinggal lantaran kita tidak pernah bisa memprediksi cuaca selama perjalanan mudik berlangsung.

4. Selama dalam perjalanan Sebaiknya pemudik sepeda motor istirahat cukup setiap delapan jam. makan dan minum yang cukup agar tubuh selalu fit selama dlm perjalanan (kecuali kalo perjalanan siang dan anda sedang berpuasa). ingat masbrow/sist, mudik adalah perjalanan panjang.Jangan tunggu capek. Kalau mau aman, harus sengaja diistirahatkan. Jangan dipaksakan.

5. Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan agar Anda selamat selama perjalanan mudik lebaran. peraturan lalu lintas dibuat untuk membuat tertib dan membuat selamat para pemakai jalan. Siapapun kepengen cepet sampai tujuan, tetapi kita harus menyadari, bahwa bukan kita saja yang memakai jalan.

Utamakanlah keselamatan, belajarlah bertoleransi antar pengguna jalan, niscaya Anda akan merasa aman dan nyaman selama didalam perjalanan. nikmatilah perjalanan mudik anda keluarga anda dan orang-orang yang menyayangi anda menunggu di kampung halaman.

sumber : http://portalkriminal.com
Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com