Jumat, 17 Oktober 2014

7 Tips Menghindari Pencurian Motor


Maraknya kasus pencurian sepeda motor semakin meresahkan masyarakat. Hampir setiap bulan berita di media cetak dan elektronik menyiarkan soal pencurian motor.
Publik dituntut untuk selalu waspada terhadap kasus pencurian motor karena pencuri motor bisa menggasak motor Anda dalam hitungan menit. Untuk menyiasati curanmor, Anda wajib melakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Pakai kunci ganda
Ada banyak orang yang suka menyepelekan keamanan motornya. Ketika sedang memarkir kendaraan roda dua di tempat parkir umum dipikir akan aman-aman saja. Lebih baik mencegah sebelum terjadi kehilangan.

Nah, Anda bisa memakai kunci ganda untuk meningkatkan keamanan. Biasanya kunci standar belum mampu menjamin keamanan motor Anda. Anda bisa mengujinya terlebih dahulu jika belum yakin akan kemampuan si kunci ganda. 

Coba gunakan kunci standar kemudian mematahkan kunci leher setang sepeda motor Anda. Dan setelah patah, dalam waktu kurang dari 1 menit kunci T universal akan mampu menghidupkan mesin motor Anda. 

Kunci T adalah peralatan standar yang dimiliki pencuri. Bandingkan jika Anda memakai kunci ganda, hasilnya motor akan sulit untuk dicuri.

2. Tambahan kunci pengaman
Terkadang pencuri sulit dan malas mengambil motor Anda bila atribut pengaman yang diletakkan di sepeda motor terlalu banyak. Anda bisa mengganti kunci starter dengan kunci yang lebih sulit ditiru. Selain itu, Anda bisa menambahkan kunci pengaman pada sepeda motor.

Kunci motor Anda dengan kunci-kunci tambahan, seperti kunci roda, alarm, gembok, rantai, dan kunci disc cakram. Anda juga bisa menggunakan kunci rahasia yang terhubung dengan kelistrikan motor.

Si pencuri tidak akan bisa menghidupkan mesin meskipun sudah berhasil membobol kunci starter. Kunci dengan pengamanan seperti ini atau yang menggunakan password juga sudah dijual di pasaran.


3. Gunakan alarm
Pasang alarm sebagai tanda waspada bila terjadi sesuatu dengan sepeda motor Anda. Anda bisa bergerak cepat seandainya terdengar alarm Anda berbunyi. Sebaiknya gunakan alarm yang benar-benar berkualitas dan bukan asal berisik. Pilih alarm yang tidak mudah rusak dan korsleting. Pilih juga alarm yang sudah suport untuk motor anda. Biasanya, pencuri merasa memiliki kesempatan untuk beraksi ketika alarm motor Anda korsleting dan mengeluarkan bunyi yang berulang-ulang. 

Kondisi alarm yang korsleting kerap membuat Anda terganggu sehingga akhirnya Anda menonaktifkan alarm tersebut.

4. Jangan mengabaikan asuransi
Anda sudah sanggup membeli motor, maka Anda juga harus mampu untuk mengasuransikannya. Langkah ini sering dianggap sepele dan buang-buang uang oleh banyak orang. Padahal asuransi motor itu banyak manfaatnya. Toh, sejumlah uang yang dikeluarkan akan menuai banyak manfaat.

Apalagi jika kejadian pencurian motor ini telah terjadi, Anda bisa mendapat ganti rugi dari asuransi. Pilih asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda dan kebutuhan. Saat ini semua motor yang dibeli dari dealer atau dicicil biasanya sudah dilindungi dengan asuransi.

Tapi jangan sampai lupa menunda-nunda untuk memperpanjang asuransi apabila kontraknya sudah habis.

5. Parkir di tempat aman
Saat memarkir sepeda motor Anda baik di lingkungan tempat tinggal maupun di tempat umum, sebaiknya pilih tempat parkir yang mudah diawasi. Pastikan kendaraan Anda dapat ditangkap mata dengan mudah.

Anda juga bisa melihat dahulu keadaan tempat parkir yang tersedia apakah layak dan aman atau tidak. Jika menemukan kejanggalan, misalnya tempat parkirnya terlalu gelap, tidak ada pencahayaan, dan tukang parkir sering tidak berada di tempat, lebih baik cari tempat parkir lain yang lebih aman.

6. Jangan tinggalkan barang berharga di motor
Bukan cuma berlaku bagi pengendara mobil, tetapi syarat ini berlaku bagi pengendara motor juga. Meninggalkan barang berharga di motor tentu saja mengundang pencuri untuk datang.

Misalnya, Anda hanya ingin mengambil uang di ATM ada baiknya bawa semua barang-barang Anda di motor. Meskipun repot toh keamanannya lebih terjamin. Jangan meninggalkan barang-barang berharga Anda seperti helm, jaket, jas hujan, tas, payung dan lainnya dalam keadaan menggantung di motor. Gunakan fasilitas penitipan barang di tempat umum jika tersedia.


7. Waspada terhadap mobil boks dan truk

Pencuri motor zaman sekarang lebih pintar dan punya banyak taktik untuk melancarkan aksinya. Mereka sudah bisa menyewa mobil box dan membawa motor dalam kondisi terkunci dengan menggunakan mobil box.

Waspadai apabila di dekat motor Anda parkir terdapat mobil boks, truk dan pick up. Perhatikan terus gerak-gerik dari pengendara mobil-
mobil tersebut jika sudah mulai mencurigakan.

sumber : detik.com
Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com