Selasa, 23 Desember 2014

Ini Kunci Irit Berkendara Sepeda Motor


Sebelumnya sudah dibeberkan perhitungan dan keuntungan dari segi keuangan bila bisa irit bahan bakar saat mengendarai sepeda motor. Tapi yang paling utama tentu saja cara berkendaranya.

”Paling utama adalah cara mengendarainya. Memang terdengar klise. Namun, itulah kenyataannya. Sehebat apa pun sepeda motornya, cara mengendarai sangat memengaruhi konsumsi BBM,” kata Jari Hermanyanto, Mechanic in Chief DMS Motor.

Teknik eco-riding sudah sering dibeberkan di berbagai kesempatan, namun pada kenyataannya memang terasa sulit untuk dilakukan karena situasi dan kondisi jalan serta pengendara yang tidak stabil setiap hari. Jari membeberkan cara termudahnya yakni;
  1. Pertama biasakan Selalu berakselerasi dengan lembut dan tak perlu terburu-buru membuka gas.
  2. Gunakan putaran mesin serendah mungkin untuk transmisi manual, atau segera pindahkan ke gigi lebih tinggi jika putaran mesin sudah tinggi.
  3. Usahakan menjaga kecepatan konstan selama mungkin. Konstan pada putaran rendah akan mengurangi penggunaan rem setelah berakselerasi. Dengan ini, tidak banyak energi yang terbuang.
  4. Sebagai tolok ukur, semakin sedikit menggunakan rem, konsumsi bahan bakar semakin hemat, meski hal ini tidak berlaku 100 persen. 

Walau demikian, cara berkendara di atas menurut Jari tidak akan maksimal atau bahkan menyiksa jika tidak didukung kinerja mesin yang efisien. ”Misalnya, amat sulit menggunakan putaran mesin rendah jika torsi mesin di putaran rendah begitu lemah. Atau untuk motor dengan CVT (matik), tidak mungkin menggunakan putaran mesin rendah jika perbandingan CVT tidak mendukung,” papar Jari.


Lalu bisa gunakan teknik dengan memaksimalkan kerja mesin dan transmisi. Efisiensi bukan berarti mengurangi kemampuan mesin, melainkan justru meningkatkannya. Jika kinerja mesin oke, eco-riding bisa dilakukan dengan mudah dan santai.

sumber : kompas.com
Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com