Kamis, 05 Februari 2015

6 Langkah Defensive Riding Hindari Begal Motor

Pembegalan motor yang bisa merebut nyawa pengendara motor, harus segera dihentikan. Penting untuk mengetahui bagaimana caranya agar setiap pengendara terhindar dari kejahatan tersebut.
sumber : oto.detik.com
Nah kali ini pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) Jusri Pulubuhu, coba berbagi kepada Otolovers. Bagaimana melakukan defensif riding, yang bisa membuat pengendara tetap aman saat berkendara.

"Ini pentingnya sebuah defensif riding, terkadang pengendara terlalu cuek. Padahal ini bisa menjadi penyelamat pengendara disaat berkendara," kata Jusri.


Nah penasaran bagaimana langkah tepat untuk bisa menghindari pembegalan sepeda motor. Simak yang berikut ini ya Otolovers.

1. Berkendara secara antisipatif
Saat berkendara, pengendara motor harus bisa melakukan langkah antisipasi. Seperti membuat manajemen perjalanan yang aman dan efisien.

Dengan menentukan rute perjalanan, dan memastikan apakah rute tersebut aman atau tidak? Ramai atau sepi? Sehingga setiap pengendara bisa mengatur perjalanannya. Meski pengendara harus membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai tujuan.

2. Memililah waktu yang tepat untuk berkendara
Buat pengendara motor, sekarang sudah waktunya memperhatikan. Apakah waktu memulai perjalanan berkendara Anda, sudah tepat?

Seperti apakah Anda aman berkendara di malam hari dengan rute tertentu? Sehingga setiap pengendara diwajibkan untuk lebih peka melihat kondisi dan situasi jalanan.

3. Pastikan Anda tidak sakit saat berkendara
Langkah berikutnya agar terhindar dari kejahatan dijalanan ialah pastikan diri Anda dalam keadaan sehat.

Karena jika berkendara dalam keadaan sakit, maka bisa merusak konsentrasi Anda di saat berkendara dan lebih cuek melihat situasi jalanan.

Selanjutnya setiap pengendara juga disarankan tidak berkendara dalam keadaan stres atau lelah.
 
Sehingga kondisi yang tidak fit membuat pengendara motor lebih lemah. Dan disaat ada situasi yang mencurigakan, Anda tidak bisa mengambil langkah untuk antisipasi.

4. Pastikan kendaraan selalu dalam kondisi fit
Selain kondisi badan yang harus fit, pastikan juga kendaraan Anda tidak dalam masalah. Karena jika kendaraan tidak dalam kondisi terbaik, ini bisa memudahkan penjahat meraih Anda saat berkendara.

Dan di saat Anda merasa ada yang mengikuti Anda saat berkendara, Anda tidak bisa menghindarinya.

Selain itu jika Anda merasa ada yang mengikuti Anda, ada baiknya Anda memilih jalur yang lebih ramai, atau berhenti di suatu tempat yang lebih aman dan ramai seperti kantor polisi.

5. Tidak berkendara sendiri
Setiap pengendara motor disarankan untuk tidak berkendara sendiri, melainkan untuk berkendara beriringan. Karena jika berkendara beriringan, tidak menutup kemungkinan menggagalkan rencana jahat si perampok.

6. Tanggalkan sesuatu yang membuat Anda menarik di jalan
Pastikan jangan membuat orang tertarik melihat Anda di saat berkendara. Misalnya pengendara perempuan, disarankan tidak menunjukkan bahwa Ada perempuan. Misalnya dengan memasukkan rambut Anda ke dalam jaket, memakai helm tertutup.

Selanjutnya tidak menggantung tas sembarangan, atau tidak memperlhatkan smartphone di saat berkendara. Atau untuk pengendara laki-laki yang bertubuh ramping, disarankan untuk menggunakan jaket yang lebih besar. Agar terlihat badan Anda itu besar.


sumber : oto.detik.com
Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com