Rabu, 04 Maret 2015

Wanita, Ini Cara Jitu Hindari Begal Motor

Pengendara motor wanita kerap menjadi sasaran para perampas motor.
Maraknya aksi kejahatan yang terjadi di jalan raya belakangan ini membuat setiap pengendara harus selalu waspada, terutama bagi para biker wanita.
Modus kejahatan yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya sangat beragam. Mulai dari pencurian kendaraan, penjambretan hingga aksi perampasan yang disertai dengan kekerasan.
Apalagi, menurut pengakuan salah satu pelaku begal motor, wanita yang mengendarai motor sendirian sangat ideal untuk menjadi korban mereka. Hal ini dikarenakan, biasanya wanita tidak bisa melawan, dan hanya pasrah saat motor diambil dengan paksa.
Nah, untuk bisa mencegah terjadinya aksi kejahatan ini, VIVA.co.idmewawancara Jusri Pulubuhu, selaku Founder Jakarta Defensive Driving Consulting and Road Safety Practioner, Selasa 3 Maret 2015. Selain memberi pengetahuan yang lebih jauh mengenai kejahatan di jalan raya, Jusri juga memberikan tips bagi bikers wanita, bagaimana cara berkendara lebih aman dan nyaman.
1. Pastikan menggunakan pakaian tertutup, celana panjang, jaket tebal, dan sepatu kets, hal ini untuk menghilangkan identitas sebagai wanita, saat mengendarai sepeda motor.
2. Gunakan helm full face dan hindari helm yang feminim dan terlalu banyak motif atau corak.
3. Apabila menggunakan tas wanita saat berkendara, masukkan ke dalam jaket. Hal yang sama juga dilakukan pada rambut, buat wanita yang memiliki rambut panjang.
4. Terus waspada dengan melihat kaca spion setiap lima hingga delapan menit. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apabila ada yang membuntuti.
5. Hindari jalan sepi dan berkendara pada malam hari.
6. Gunakan perangkat keamanan tambahan pada motor. Saat ini sudah banyak produsen aksesori yang menyediakan piranti keamanan berupa alarm, immobilizer dan Global Positioning System (GPS) khusus untuk motor.

Copyright 2013-2015© www.alarmmotorku.com